“Kemajuan teknologi harus bisa dimanfaatkan dan harus dilihat dari segi positifnya”

Pertama kali  website Gereja Katolik St.Andreas Paroki Kedoya Jakarta Barat online adalah pada tahun 1997. Sebenarnya ide awalnya adalah memanfaatkan teknologi dunia maya sebagai salah satu sarana bagi umat untuk mengetahui informasi paroki yang setiap minggu diterbitkan dan umat selalu bisa mengambil dengan gratis “Lembaran Informasi Iman”.

Dan kebetulan saya sebagai salah satu umat yang kalau ke gereja pasti ingin mengetahui pengumuman paroki, jadwal petugas gereja dll. Dan suatu saat tidak kebagian sehingga timbul ide dalam pikiran saya kenapa tidak memanfaatkan dunia maya “internet” sebagai salah satu media bagi umat yang bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Dari situ saya langsung menghubungi Pastor Paroki apakah boleh kalau saya memuat isi Lembaran Informasi Iman melalui website sehingga umat bisa membaca. Ternyata usul saya disambut dengan positif oleh Pastor Mengko Msc dan dengan latar belakang menguasai sedikit pembuatan website maka saya mulai melakukan tugas rutin yang setiap kamis / jumat selalu ke gereja dan minta informasi iman yang akan dimuat untuk hari minggu dengan pastor.

Pada awalnya saya hosting website di penyedia webserver gratis dan setelah berjalan beberapa bulan mulai timbul ide lagi kenapa tidak memanfaatkan lebih jauh lagi teknologi internet ini sebagai salah satu sarana pewartaan dan informasi yang lebih luas. Dan dari situlah maka saya mendaftarkan secara resmi nama website st-andreas.org ( org = adalah salah satu jenis nama domain untuk website yang bersifat non profit ) hosting di webserver yang ada di California dengan membayar iuran setiap bulan USD 25.00

Perkembangan website kita ternyata justru lebih banyak dikunjungi umat dari luar paroki bahkan sampai umat dari Indonesia yang ada di luar negeri. Dan salah satu content yang paling populer (sampai saat ini) adalah FORUM Diskusi. Sempat menjadi pembicaraan di paroki karena sarana diskusi tersebut digunakan pihak lain untuk menjelek-jelekan antar agama, bahkan diserang oleh Hacker yang tidak senang. Dan dengan perkembangan teknologi akhirnya saya ganti system forum diskusi tersebut dengan membeli software yang lebih memudahkan dalam memonitor para pengunjung.

Hampir selama 10 tahun website tersebut saya kerjakan sendiri dan akhirnya muncul salah satu umat yang bersedia membantu saya, Sdr. Pradhika dan penampilan website yang warna-warni ( sesuai warna liturgi ) kami lakukan perubahan dan pada tahun 2007 kami rubah dengan tampilan yang lebih cerah dan dengan mengganti nama menjadi www.st-andreas.or.id  

Harapan saya semoga media ini tetap bisa dimanfaatkan secara positif sebagai sarana pewartaan melalui dunia maya dan apabila dari umat ada yang ingin bergabung maka kami dengan senang hati akan menerimanya. Dan tidak lupa ucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki dan para pengurus yang selalu mendukung program kami. ( AL )

Andreas L

 

Go to top